-->

Cara Reset Template Blog Kembali Ke Default


Halo sahabat blogger, apakah Anda sering mengganti atau mengedit template pada html blog?
Jika pernah, kita pasti juga pernah merasa tidak nyaman karena beberapa script tidak berguna atau tidak berfungsi masih tertinggal pada template html kita, atau mungkin terlupakan untuk dihapus, sehingga hanya akan menambah jumlah script yang tak berguna pada template.

Jika sudah seperti ini, apakah ada pengaruhnya? tentu saja ini akan berpengaruh pada speed loading blog kita, karena semakin banyak script maka akan semakin membutuhkan waktu tambahan untuk membaca script kita, walaupun hanya dalam hitungan second.

Seringnya melakukan editing pada html template, terkadang tidak selalu menuai hasil yang bagus, beberapa terlihat tidak cocok degan tampilan blog kita, dan terkadang juga membuat kita frustasi karena selanjutnya tidak bisa mengembalikannya seperti pada keadaan semula template kita.

Jika hasilnya sudah seperti ini, template yang kita bangun dengan susah payah terkesan banyak sampah script yang tak berguna. Menurut saya, setelah kualitas tulisan pada artikel, keindahan dan kerapian pada tampilan blog adalah hal yang saya utamakan, tentu untuk hasil yang baik pada tampilan blog kita, diperlukan sangat banyak percobaan-percobaan yang dilakukan, dan kegagalan bukan hal baru yang harus disesali. Dengan ketekunan dan pantang menyerah menggali informasi, kita pasti menuai keberhasilan dalam merangkai tampilan blog yang diinginkan.

Setelah berhasil menyesuaikan tampilan yang kita inginkan, kita backup script tersebut dan mencatat langkah-langkah yang kita lakukan dengan tujuan untuk mengingat. Selanjutnya untuk mengoptimalkan kinerja template dalam loading blog adalah dengan membersihkan script-script yang tak berfungsi pada html template kita. Dengan melakukan langkah reset template, semua script tambahan yang tertinggal pada html template akan terhapus semua.

Setelah html template bersih atau sudah kembali kedefault, yang sobat lakukan yaitu mengulang kembali menyusun tampilan blog secara rapi dan dilakukan secara hati-hati agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menjadikan script menjadi tidak berfungsi yang bisa saja sobat lupakan untuk menghapusnya kembali.

Setelah rangkaian diatas selesai sobat lakukan maka script yang tak berguna atau tak berfungsi akan hilang, dan template blog kita akan terasa segar kembali dengan tampilan yang kita inginkan.

Bagi kita yang mempunyai masalah yang sama, serta kita berminat dan tertarik untuk melakukan langkah pembersihan diatas, kami akan membagikan tips cara mereset template sobat kembali kedefault seperti awal membuat blogger.
"Sebelumnya backup dahulu Template dan Data artikel blog, Admin tidak bertanggung jawab jika ada hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari."
Panduan Restore Template Blogger
  • Login ke dashboard blog dan pilih Tema >> Edit HTML
  • Kemudian block semua script pada template dan hapus 
  • Selanjutnya Copy Script dibawah ini ke halaman HTML template dan Simpan Tema
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?>
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Blog</title>
<b:skin><![CDATA[ ]]></b:skin>
</head>
<body>
<b:section id='contoh'/>
</body>
</html>
  • Setelah disimpan kembali ke dashboard dan pilih Sesuaikan, 
  • Selanjutnya kita akan diminta memilih tema default untuk blog
  • Pilih lewati backup, karena Script pada tema terdahulu sudah dihapus pada proses tadi, jadi akan percuma jika dibackup. 
  • Sekarang template blog sudah kembali ke default seperti keadaan baru membuat blog. 
Bagaimana, mudah bukan? Selanjutnya, kita tinggal menyusun ulang tampilan blog sesuai keinginan kita, usahakan lakukan dengan sangat hati-hati agar tidak terjadi kesalahan kembali.

Terimakasih sudah berkunjung. 

0 Response to "Cara Reset Template Blog Kembali Ke Default"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel